Press "Enter" to skip to content

Lebih Baik Jadi Emak BPKB (Berdaster Tapi Penghasilan Kayak Bos) Daripada Emak BPJS (Budget Pas-Pas’an tapi Jiwa Sosialita). Bener Gak Nih?

Ayo Bagikan:

Kehidupan modern saat ini seringkali menuntut setiap orang untuk menampilkan apa yang ia punya. Apalagi dengan adanya media sosial, kita jadi lebih mudah untuk pamer kemewahan. Pun dengan banyaknya tontonan di televisi yang menampilkan kehidupan mewah yang kadang bikin iri.

Karena itu ada ungkapan lebih baik berdaster tapi penghasilan kaya bos, daripada budget pas-pasan tapi bergaya sosialita. Ungkapan itu untuk menyindir tingkah laku para ibu yang sebenarnya tidak kaya-kaya amat tapi gayanya udah paling cantik dan kaya sedunia saja.

Hehehe.. Setuju kan pastinya Bunda?

Tapi ya walau sederhana kita juga tidak boleh lupa untuk tetap tampil cantik dan terawat lho. Nah, saya bagikan tulisan dari Cahyadi Takariawan tentang Tips Agar Istri Bisa Selalu Tampil Cantik dibawah ini.

google image

“Waw, bening bingits….”, ujar seorang lelaki mengomentari foto bintang iklan sebuah produk fashion. Bukan produk fashion yang dikomentari, justru bintang iklannya.

“Iya bener… Bening bingits… Ga kayak yang di rumah ya…”, tambah yang lainnya.

Komentar-komentar tersebut ditulis di grup WA setelah ada salah seorang anggota grup yang memposting iklan produk fashion. Dalam iklan tersebut tampak seorang wanita muda cantik mengenakan busana muslimah, menawarkan produk fashion menyambut Ramadhan dan Syawal.

Dipicu oleh kemunculan iklan tersebut, ramailah komentar seluruh anggota grup —terutama kaum lelaki— tentang bintang iklan yang tampak “bening bercahaya” tersebut.

Semua mengomentari kebeningan bintang iklan, dan ujungnya sudah bisa ditebak: tidak seorang pun yang membeli produknya. Semua lebih pengen bintang iklannya, bukan fashionnya.

Demikianlah kaum laki-laki sangat mudah tergoda oleh sesuatu yang menarik dalam pandangan mata mereka. Mudah tertarik dan terpesona oleh casing. Tampilan wanita yang bening, cantik, menarik dan mempesona, sangat cepat menjadi daya tarik kaum laki-laki.

Tentu saja ketertarikan seperti itu normal. Yang tidak normal kalau mereka tertarik sesama laki-laki.
Pengen Istri yang Selalu Bening?

istri sholihah

Hal yang sering kali terjadi adalah, kaum lelaki segera membandingkan wanita yang dilihat —baik secara langsung, maupun hanya foto dan psoternya— dengan istri sendiri. Tampilan wanita yang tampak “bening dan bercahaya” segera dibandingkan dengan istri di rumah yang lebih tampak sebagai ibu yang sangat bijaksana bagi anak-anak mereka. Tidak tampak sebagai istri yang menarik dan menggoda hati suami.

Akhirnya muncul komentar kekaguman atas kebeningan wanita lain yang dilihat dalam iklan atau dalam kehidupan nyata. Persoalannya, sering kali terjadi situasi tidak adil. Banyak suami menghendaki istri yang bening bercahaya, namun mereka tidak melakukan upaya untuk mewujudkannya.

Mereka hanya bisa berkomentar dan membandingkan, bahkan ada yang sampai mengejek tampilan istrinya karena membandingkan dengan wanita lain yang sangat menarik hati. Situasi seperti ini cepat membuat sakit hati para istri.

Sesungguhnya prinsipnya sederhana saja. Segala sesuatu memerlukan sentuhan perawatan. Anda mampu membeli motor yang bagus, akan cepat rusak dan usang jika hanya dinaiki tanpa dirawat yang memadai.

Anda membeli mobil mewah yang sangat mengkilap, akan cepat pudar dan kusam jika hanya dipakai dan tidak dilakukan perawatan yang tepat. Anda punya rumah yang megah, akan cepat rapuh dan kumuh jika tidak pernah mendapat perawatan. Demikian pula istri.

Saat anda memilih ia sebagai istri, mungkin saja waktu itu ia tampak begitu bening dan cantik di mata anda. Seiring perjalanan usia dan beban hidup berumah tangga, kebeningan itu cepat sirna, kecantikan itu cepat pudar, keelokan itu cepat hilang, jika tidak dirawat dengan cermat dan tepat. Bentuk tubuh yang dulu indah, beberapa tahun kemudian tinggal sisa-sisa. Wajah yang dulu demikian cerah ceria, kini bisa cepat kusut masai oleh banyaknya problematika kehidupan.

Oleh karenanya, jika ingin istri selalu terlihat bening, cantik dan awet muda, tentu ada sarana yang harus disediakan oleh para suami. Minimal ada dua sarana yang harus disediakan suami untuk membuat sang istri selalu bening bercahaya, yaitu sarana spiritual dan sarana material.

cara rumah tangga bahagia

Pertama, Sarana Mental Spiritual

Sarana utama untuk membuat istri selalu bening adalah dengan merawat mental dan spiritualnya. Disebut juga perawatan hati dan jiwanya. Ini yang akan menjadi inner beauty, kebeningan dari dalam jiwa. Bukan hanya kecantikan casing dan penampilan, namun benar-benar kecantikan dari dalam jiwa. Untuk merawat mental dan spiritual istri, diperlukan sarana yang juga bercorak mental spiritual.

Hendaknya suami pandai menghadirkan suasana yang menyenangkan hati istri. Jika istri anda bahagia, ia akan selalu tampak bening, cantik dan awet muda. Menyenangkan hati istri tidak selalu identik dengan memberikan semua keinginan dan permintaannya, namun lebih kepada memberikan sentuhan ruhaniyah yang membuat istri mendapatkan kesejukan suasana hati dan pikiran.

Aktivitas Ibadah

Mengajak dan menjaga aktivitas ibadah istri adalah sarana spiritual untuk membeningkan pikiran dan hati istri. Para ulama telah menjelaskan bahwa diantara dampak ibadah adalah membuat wajah terang dan cerah.
Sedangkan di antara dampak maksiat adalah menggelapkan dan memburamkan wajah. Maka bimbing selalu istri ke jalan ibadah, bukan jalan maksiat. Penuhi kehidupannya dengan suasana ruhaniyah dan ubudiyah. Jangan hanya menuntut kebeningan istri tanpa asupan ibadah.

Tentu saja yang dimaksud bukan sekedar penunaian ritual ibadah, namun harus sampai merasakan dan menikmati hakikat ibadah. Karena jika hanya mengandalkan penunaian ritualnya, bisa kehilangan makna terdalam dari ibadah yang mampu mencerahkan wajah. Jika bagus ibadahnya, hingga memahami relung hakikat dari ibadah, tentu akan bagus akhlaknya, bagus pula aktivitas sehari-harinya.

Menjaga Perasaan dan Hati

Upaya mental spiritual berikutnya adalah dengan menjaga perasaan dan hati istri. Jangan sakiti hati dan perasaannya karena itu akan membuatnya cepat tua serta hilang kecantikannya. Secantik apapun istri anda, jika anda selalu menyikiti hati dan perasaannya, dalam waktu singkat kecantikan itupun hilang lenyap. Beban-beban permasalahan dalam kehidupan berumah tangga sudah cukup banyak menyedot keceriaan, jangan ditambah lagi dengan perbuatan, sikap dan perkataan yang menyakitkan.

Sangat banyak kita jumpai perempuan muda dengan anak yang masih kecil, namun sudah kehilangan kebeningannya karena terlalu berat beban persoalan yang menderanya. Suami yang pemarah, suka membentak, melakukan kekerasan fisik dan psikis, telah membuat istri kehilangan sebagian besar keceriaannya. Secantik apapun sebelum menikah, akan cepat layu dan menua jika diperlakukan dengan semena-mena oleh orang yang seharusnya melindungi, mencintai, menjaga dan merawatnya dengan penuh kasih sayang.

Aktivitas rekreasional

Selain nuansa ibadah serta penjagaan perasaan dan hati istri, upaya spiritual berikutnya adalah aktivitas rekreasional. Sesekali waktu istri perlu diajak berlibur menikmati keindahan alam ciptaan Allah yang luar biasa. Bisa berbentuk wisata alam dengan aneka jenis pilihannya, atau wisata peninggalan sejarah, atau wisata kuliner, atau bentuk rekreasional yang lainnya.

Istri bisa mengalami kejenuhan dari berbagai macam kegiatan rutin yang dijalaninya setiap hari. Ia perlu hiburan dan rekreasi agar terhindar dari kejenuhan dan kelelahan yang berkepanjangan.

Tentu saja tidak harus melakukan rekreasi yang bebiaya mahal. Bahkan jalan-jalan keliling kampung dengan bersepeda berdua, merupakan kegiatan rekreasional yang bisa sangat mengasyikkan. Jika bisa menunaikan haji atau umrah berdua, ini gabungan antara aktivitas ibadah dengan rekreasional.

Kedua, Sarana Fisik Material

Yang dimaksud adalah berbagai sarana perawatan fisik istri agar selalu tampak bening, cantik dan menarik. Para suami jangan malas untuk memperhatikan perawatan kecantikan fisik istri, bukan hanya menyerahkan sepenuhnya kepada keinginan istri. Sebagai suami anda harus aktif untuk turut mengusahakan merawat kecantikan fisik istri, karena anda ingin memiliki istri yang tampak bening dan menyenangkan.

Ajak ke Tempat Perawatan Kecantikan

Ada sangat banyak tempat dan sarana untuk merawat kecantikan istri anda. Ajak dan antarkan istri anda merawat kecantikan diri —tentu saja sekaligus anda bayar biayanya. Anda bahkan bisa mendialogkan dengan istri tentang penampilan yang anda inginkan dari dirinya, sehingga bisa memilih tempat perawatan kecantikan yang seperti apa. Tentu disesuaikan dengan kemampuan biaya, karena ada sangat banyak “kelas” yang bisa disesuaikan dengan kondisi ekonomi keluarga.

Peristiwa suami mengajak, mengantar dan membiayai perawatan kecantikan istri, sudah menjadi hal yang menyenangkan hati istri. Bukan saja hasil perawatan yang membeningkan istri anda, namun perhatian yang anda berikan sudah memberikan kebeningan penampilannya.

Perhatikan Penampilannya

Selain perawatan tubuh, perlu juga anda perhatikan penampilan istri dari segi dandanan, pakaian dan asesorisnya. Pada umumnya perempuan suka dengan perhiasan, suka dengan dandanan. Maka sebagai suami anda perlu mendialogkan dengan istri pakaian, perhiasan dan dandanan seperti apa yang anda inginkan dari dirinya, dan juga menyenangkan bagi dirinya. Semua harus disesuaikan dengan kemampuan, dan tidak boleh berlebih-lebihan. Terlebih lagi, semua penampilannya harus sesuai dengan aturan agama dan norma yang berlaku umum di tengah masyarakat kita.

ibu lelah mengasuh anak

Penuhi keperluan kesehariannya

Tentu anda harus mencukupi kebutuhan pokok sehari-hari untuk istri dan anak-anak. Secantik apapun istri anda sebelum menikah, akan segera hilang kecantikannya karena kurang makan dan kurang asupan gizi.
Namun keperluan keseharian perempuan bukan sekedar makan, minum, papan dan sandang. Kebutuhan perlengkapan mandi menjadi hal yang penting bagi istri. Sabun dan sampo yang seperti apa, kosmetik dan wewangian yang seperti apa, harus anda sediakan untuk dirinya.

Jika anda rajin merawat istri anda, baik secara mental spiritual maupun secara fisik material, niscaya ia akan selalu bening, cantik dan awet muda. Catatan terpentingnya adalah, semua kebeningan dan kecantikan istri itu dalam rangka menyenangkan anda sebagai suaminya. Bukan untuk dipamerkan apalagi untuk menggoda laki-laki lainnya.

Ayo Bagikan:

Comments

comments

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *