Press "Enter" to skip to content

Hai, Suami, Jangan Cuek ya..Sudahkah Kamu Menanyakan Kabar Istri Saat Jauh Darinya?

Ayo Bagikan:

Suami tuh ya, sering lupa nanyain kabar istrinya kalau pas lagi jauh. Biasanya yang ditanyain malah anaknya. Atau yang lain.

Duh, padahal istrinya juga butuh perhatian lho. Nah, dibawah ini ada tulisa menarik dari Cahyadi Takariawan tentang bagaimana menjaga rindu suami yang pergi jauh. Yuk, dibaca:

“Bagaimana cara agar bisa memiliki rasa kangen kepada istri saat saya bepergian?” tanya seorang suami pada Seminar Keluarga Sakinah di Banyuwangi kemaren, Ahad 22 Februari 2015. “Bahkan kadang saya lupa dengan istri jika sudah lama pergi untuk urusan pekerjaan”, lanjutnya.

Ya, itulah problem yang sering dihadapi oleh suami yang merasa super sibuk. Asyik dengan kesibukannya, hingga melupakan anak istri. Tergerus oleh kesibukan kerja setiap hari, mengejar target, mengurus berbagai keperluan yang terbatas oleh tenggat waktu, semua memacu adrenalin para suami untuk bisa menuntaskan pekerjaan secara profesional dan ingin berprestasi. Semua kesibukan tersebut sedemikian menguras tenaga, perhatian, waktu, pikiran dan juga perasaan.

Namun anda tidak boleh membiarkan terlarut dalam rutinitas dan tekanan pekerjaan begitu saja. Karena jika anda terlalu menikmati ritme kerja yang sangat menelan perhatian setiap hari, anda akan kehilangan rasa rindu terhadap keluarga. Semua pikiran, waktu, tenaga, dan perhatian anda habis hanya untuk urusan pekerjaan. Untuk menyelesaikan target, untuk mendapatkan prestasi optimal, padahal itu semua bisa menjadi tidak berarti jika anda kehilangan keluarga.

Jaga Rasa Kangen

Hendaknya para suami selalu memberikan perhatian yang memadai terhadap keluarga. Seberapapun bagus prestasi anda dalam pekerjaan, menjadi tidak bermakna jika anda kehilangan kebahagiaan dalam keluarga. Untuk itu, para suami harus secara sadar menjaga perasaan rindu terhadap istri dan anak-anak di rumah, saat sedang bepergian dalam waktu lama untuk berbagai urusannya.

Agar bisa muncul rasa kangen dan tidak melupakan istri, lakukan beberapa tips berikut.

Pertama, yakinlah bahwa istri anda merindukan kepulangan anda

Ketika anda pergi jauh, apalagi dalam waktu lama, ketahuilah istri anda merindukan kepulangan anda. Istri sangat mengharap anda  pulang dengan selamat dan bisa berkutentmpul kembali bersama keluarga. Kepergian anda menjadikan ada perasaan kehilangan pada diri istri dan anak-anak, sesuatu perasaan yang tidak bisa digantikan atau diisi dengan yang lainnya.

Maka hargailah kerinduan istri dan anak-anak tersebut, dengan jalan memberikan porsi perhatian di antara seabrek kegiatan anda di luar rumah. Alokasikan waktu dan perhatian untuk istri dan anak-anak saat anda bepergian dalam waktu lama, agar rasa rindu tetap bersemayam dalam jiwa anda.

Kedua, usahakan untuk terus “nyambung” dengan istri

Walaupun tengah berjauhan, usahakan agar bisa selalu terhubung dan menyambung. Hal ini bisa dilakukan dengan telpon, kirim pesan melalui sms, kirim foto melalui whatsapp dan lain-lain. Cara ini membuat anda selalu teringat kepada istri dan anak-anak, sehingga kendati waktu anda tergerus habis untuk pekerjaan, namun tetap memiliki ingatan dan rasa rindu kepada keluarga.

Sebaliknya, hendaknya istri juga proaktif untuk menghubungi suami, sehingga tidak ada hari tanpa komunikasi dengan suami. Jangan pasif dan diam saja menunggu telpon dari suami. Jika khawatir mengganggu pekerjaan suami, sapa suami dengan kiriman kata-kata cinta dan gambar foto keluarga melalui gedgetnya. Itu akan membuat suami selalu ingat keluarga.

Kiriman foto keluarga disertai pesan melalui teknologi komunikasi, akan sangat menggugah kerinduan suami. Misalnya ungkapan seperti ini::

“Bang, aku dan anak-anak sedang makan malam bareng di teras belakang rumah. Ayo cepat gabung sini….”

“Wah lihat nih Bang, Dhika makan malam sangat banyak. Sudah tambah dua kali….. Coba kalau ada Abang…”

“Ranjang ini sepi tanpamu. Ayo segera ke sini….”

Kiriman foto disertai kalimat mesra seperti itu akan membuat suami merasakan kerinduan untuk segera bergabung bersama keluarga. Di tengah kesibukan suami melaksanakan pekerjaan, ia akan selalu teringat bahkan merindukan istri dan anak-anak.

Ketiga, tegaskan rasa rindu anda

Rata-rata laki-laki adalah makhluk yang tidak verbal. Sulit mengekspresikan perasaan kepada pasangan. Hendaknya suami belajar menegaskan perasaan rindu kepada istri dengan menyatakan melalui telpon atau melalui pesan sms, whatsapp, bbm dan lain sebagainya. Penegasan perasaan rindu ini akan sangat menyenangkan dan menyejukkan bagi istri yang setia menunggu di rumah.

“Aduh Dek, Abang kangen banget nih… Sumpah !”

“Tidak biasanya aku merasakan rindu seperti ini. Rasanya pengen banget segera pulang untuk memelukmu….”

“Tak tahan lagi aku menyimpan rasa ini. Biasanya aku tidak pernah menyataka padamu. Tapi kali ini harus aku sampaikan, bahwa aku benar-benar merindukanmu….”

Pernyataan ini terasa seperti air sejuk dari sumber mata air yang jernih, mengalir dalam jiwa istri. Serasa istri terbang melayang mendapat pernyataan rindu dari sang suami.

Keempat, selalu membawa sesuatu yang bisa mengingatkan kepada istri

Ketika suami bepergian jauh dalam waktu lama, hendaknya membawa sesuatu yang bisa selalu mengingatkan kepada istri dan anak-anak. Misalnya membawa foto istri di dompet, atau memasang foto istri pada wall atau halaman smartphone serta laptop. Hal itu akan membuat suami selalu menemukan wajah istri dimanapun ia berada. Setiap membuka gadget, yag pertama dilihat adalah foto istri tercinta.

Bisa juga menggunakan barang-barang yang khusus dibelikan oleh istri, seperti jam tangan atau sapu tangan, atau sepatu, atau apapun yang memang hadiah istimewa dari istri. Jika bepergian dalam waktu lama, bisa juga dengan memasang foto keluarga di tempat tinggal dan di tempat kerja. Selain bisa mengingatkan kepada istri, hal itu juga sekaligus bisa menjadi kontrol agar selalu setia kepada keluarga.

Kelima, selipkan doa di setiap usai shalat

Ketika suami bepergian dalam waktu lama, jangan lupa untuk senantiasa menyelipkan doa untuk istri tercinta. Selain doa berguna untuk kebaikan istri, juga membuat suami bisa selalu ingat dan memiliki perhatian terhadap istri, karena menyebut namanya dalam setiap doa. Kebiasaan mendoakan istri ini sangat bagus untuk menjaga suasana spiritual dalam kehidupan keluarga. Suami dan istri saling mendoakan untuk kebaikan bersama.

Selain mendoakan istri, hendaknya suami juga berdoa pula untuk diri sendiri. Misalnya doa seperti ini, “Ya Allah, jagalah aku dan istriku, agar kami selalu saling mencintai dan merindui karenaMu”.

sumber: https://www.kompasiana.com/pakcah/suami-kehilangan-rasa-rindu-pada-istri_54f3443b745513942b6c6e34

MAU ANAK RAJIN SHOLAT? BACA INI YAA.. 

Ayo Bagikan:

Comments

comments

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *