Press "Enter" to skip to content

Gak Perlu Les Mahal-Mahal, Ternyata Permainan SEDERHANA Ini Bisa Bikin Bayi Lebih CERDAS

Ayo Bagikan:

Semua orang tua tentu ingin anaknya tumbuh cerdas. Anda juga bukan? Tapi kebanyakan orang tua berpikir bahwa anak cerdas itu hanya bisa didapatkan lewat berbagai les yang biayanya mahal banget.

Duh, padahal gak gitu juga kali Bunda.. Kita bisa kok membuat anak cerdas hanya dengan biaya yang sangat murah. Bahkan tidak perlu modal. Hanya perlu ketekunan dari orang tua saja.

Nah, berdasarkan dari tulisan di sayangianak dot com, ada beberapa permainan sederhana yang bisa bikin bayi lebih cerdas lho. Apa saja itu? Baca yuk.

Permainan yang bisa mencerdaskan bayi sangat dicari oleh para orang tua. Tentunya mereka menginginkan bayinya tumbuh menjadi sosok yang cerdas nantinya. Sebuah permainan memang harus penuh pembelajaran bagi si kecil, karena jika tidak akan berbahaya ketika besar nanti. Lalu adakah permainan yang bisa membuat seorang bayi cerdas?

Jawabannya ada.

Namun, tentu saja permainan tersebut harus disesuaikan dengan usia dan kemampuannya. Sebagai contoh, untuk seorang bayi yang baru bisa tidur terlentang atau tengkurap, sekitar usia satu sampai empat bulan, maka Bunda bisa memilih permainan yang bisa dilakukan dalam posisi tersebut. Kemudian diusia empat sampai dengan tujuh bulan, bayi sudah mulai belajar untuk duduk dan bisa menggenggam, maka Bunda bisa memilihkan jenis permainan yang bisa dilakukan dengan posisi duduk.

Lalu pada usia tujuh sampai dengan 12 bulan biasanya bayi sudah mulai belajar untuk merangkak dan berjalan, Bunda pun bisa memilihkan jenis permainan yang lebih kompleks lagi. Permainan lempar bola, mobil-mobilan, dan kejar-kejaran misalnya.

Jika hal itu dapat Bunda lakukan dengan baik, maka bisa melatih perkembangan fisik, mental, dan juga kecerdasannya. Ketika diajak bermain maka secara otomatis bayi akan terlatih kemampuan motorik, sensorik, interaksi, eksplorasi, dan juga kemampuan emosinya. Nah, untuk meningkatkan kecerdasan bayi, Bunda bisa melakukan permainan-permainan ini bersama si kecil.


PERMAINAN CILUKBA AKAN MELATIH ANAK UNTUK MENGENAL BERBAGAI EKSPRESI WAJAH

Permainan ini sangat pas untuk bayi usia satu sampai dua belas bulan. Permainan ini sangat sederhana, cukup menggunakan peralatan sapu tangan atau kedua tangan Bunda bisa sebagai penghalangnya. Cara bermainnya pun juga tidak sulit, Bunda cukup membuka dan menutup wajah dengan kedua tangan atau sapu tangan, atau bisa juga dengan menghilang di balik dinding, kursi, atau tempat tidur.

Manfaat permainan ini adalah bayi dapat belajar tentang konsep hilang dan ada. Meski pun dia tidak melihat Bunda, bayi tahu bahwa Bunda sedang bersembunyi dan muncul kembali. Ia pun akan belajar mengenal bentuk-bentuk emosi ekspresi lewat wajah seperti: gembira, tertawa, tersenyum, atau terkejut.

PERMAINAN KUDA-KUDAAN DAPAT MEMBENTUK BAYI AGAR BISA BEKERJA SAMA

Permainan kuda-kudaan ini untuk bayi yang sudah bisa didudukkan atau sudah bisa duduk sendiri. Mengapa demikian? Karena permainan kuda-kudaan ini bayi harus duduk di atas punggung Bunda atau ayah. Permainan yang satu ini hanya memerlukan kesediaan Bunda atau ayah untuk bermain dan diduduki oleh si kecil. Cara bermainnya pun tidak sulit, Bunda dan ayah cukup mengubah diri kita seakan-akan menjadi kuda-kudaan, ambil posisi merangkak kemudian letakkan bayi di atas punggung. Jika bayi tersebut belum bisa duduk sendiri maka mintalah bantuan orang lain untuk memeganginya.

Manfaat permainan ini adalah:
Menjalin kedekatan antara orang tua dengan bayi
Mampu melatih bayi bekerja sama, peka terhadap sesuatu karena ia harus mengontrol dirinya.
Bayi mampu meningkatkan berinteraksi.


AJAK SI KECIL BERMAIN MOBIL-MOBILAN UNTUK MELATIH IMAJINASINYA BUN

Permainan ini untuk bayi yang usianya yang sudah bisa didudukkan dengan menggunakan peralatan sederhana, seperti kursi.

Cara bermainnya sangatlah mudah. Bunda bisa duduk di lantai, letakkan bayi di atas paha kemudian Bunda atau ayah berpura-pura untuk menyetir mobil. Goyangkan kaki ke kiri dan ke kanan secara perlahan. Pakailah suara-suara mobil melaju kencang dan pelan, klakson, dan bunyi rem mobil.

Manfaat permainan ini adalah:
Dapat melatih bayi untuk berinteraksi
Melatih bayi untuk menjalin kerjasama
Dapat melatih imajinasi bayi, melatih kekuatan motoriknya melalui kekuatan gerak yang telah dilakukan.

PERMAINAN DENGAN BENDA YANG BERGOYANG MAMPU MERANGSANG PENGLIHATAN BAYI

Jenis permainan ini untuk bayi yang berusia satu sampai dengan 12 bulan. Peralatan yang digunakan dalam permainan ini cukup sederhana, seperti: kerincingan, mainan gantung, atau bisa juga mainan tarik. Untuk melakukannya, posisikan mainan di atas atau di hadapan bayi dengan cara menggoyangkan sesuai dengan fungsinya.

Manfaat dari permainan ini adalah:
Mampu merangsang penglihatan bayi, pengamatan, pengenalan dasar terhadap warna, dan bentuk, interaksi sosial, koordinasi dan lain sebagainya.

PERMAINAN DENGAN MENGGUNAKAN BENDA BERGERAK EFEKTIF UNTUK MELATIH MOTORIK KASAR DAN HALUS SI KECIL

Permainan ini untuk usia delapan sampai dua belas bulan. Peralatan dalam permainan ini cukup sederhana, seperti: bola, mobil-mobilan atau benda-benda lain yang bisa digerakkan. Cara bermainnya adalah gelindingkan atau luncurkan benda tersebut, kemudian akan minta si kecil untuk mengejarnya.

Manfaat dari permainan di atas adalah:
Melekatkan bayi dengan orang tua
Melatih motorik kasar dan halus
Meningkatkan kemampuan untuk bereksplorasi
Menyalurkan energi
Meningkatkan kemampuan koordinasi.

Semoga bermanfaat ya Bunda..

Ayo Bagikan:

Comments

comments

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *