Press "Enter" to skip to content

Bolehkah Istri Membentak Suami? Bagaimana Hukumnya? Ternyata Begini Tho Penjelasannya. Wajib Dibaca Semua Istri!

Ayo Bagikan:

Sebagai seorang suami memang sudah seharusnya untuk bersikap lembut pada istri. Ia tidak boleh kasar dan bertindak semena-mena terhadap istrinya. Justru ia harus menggaulinya dengan baik.

Namun, bagaimana bila istri yang bersikap kasar pada suami? Bagaimana bila istri malah membentak suami? Simak penjelasannya dibawah ini ya, yang kami dapatkan dari web infounikterbaru.

Sebagai suami dan istri, sudah selayaknya untuk hidup bersama. Di awal-awal pernikahan, mungkin adalah masa-masa paling indah untuk hidup bersama, tapi lama kelamaan timbul juga rasa biasa karena sudah terlalu sering.

google image

Dalam keadaan seperti ini, tak jarang suami dan istri terjadi beda pendapat. Ini adalah hal yang wajar. Tapi sebaiknya, perbedaan pendapat itu harus tetap dapat dikendalikan. Seorang istri sebaiknya tetap memelankan dan memperhalus suaranya meskipun pendapatnya benar.

Tapi, bagaimana jika istri membentak suami?

Di dalam keluarga, suami adalah orang yang harus ditaati dan dihormati. Kedudukannya paling tinggi di dalam keluarga. Tak pantas jika seorang istri membentak suami, seperti halnya karyawan yang membentak atasannya.

Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Tidaklah pantas bagi seorang manusia untuk sujud kepada manusia yang lain. Seandainya pantas/boleh bagi seseorang untuk sujud kepada seorang yang lain niscaya aku perintahkan istri untuk sujud kepada suaminya dikarenakan besarnya hak suaminya terhadapnya…” (HR. Ahmad)

Hadits tersebut menunjukkan betapa tingginya kedudukan suami atas istrinya. Namun, suami pun adalah manusia biasa yang terkadang salah. Oleh karena itu, boleh istri mengingatkan suaminya namun dengan nada yang lemah lembut dan halus. Jangan sampai membentak dan menyakiti hati.

Tak hanya istri yang wajib menghormati suami, suami pun sudah seharusnya bersikap lembut dan sayang pada istri. Jangan bertindak sewenang-wenang menggunakan status terhormatnya di dalam keluarga.

Dengan suami dan istri yang saling menghormati dan menyayangi, InsyaAllah akan tercipta keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warrahmah. Wallahu a’lam bishawab.

google image

:: Inilah 4 Tipe Kesabaran Seorang Istri, Anda Termasuk Yang Mana?

Dear Bunda,

Setiap suami pasti suka memiliki istri yang penyabar. Namun faktanya, tidak mudah menjadi istri penyabar. Apalagi jika dikaitkan dengan marah dan ketersinggungan.

Berikut ini 4 tipe kesabaran istri, yang manakah Anda?

1. Mudah marah sulit memaafkan
Ada kalanya seorang istri itu tipenya mudah marah sulit memaafkan. Suami melakukan sedikit kesalahan, ia marah. Anak salah sedikit, marah. Capek, marah. Ada kondisi tidak sesuai keinginannya, marah. Sudah begitu, ketika ia marah, ia sulit memaafkan. Seperti dendam dan ketersinggungan yang terpendam.

Tipe seperti ini, umumnya akan menyulitkan keharmonisan rumah tangga. Karenanya, jika kita merasa demikian, hendaklah segera melakukan perbaikan. Jangan sampai bahtera rumah tangga kita karam karena ulah kita sendiri.

2. Mudah marah mudah memaafkan

Tipe kedua ini, wanita yang mudah marah, namun ia mudah memaafkan. Dengan adanya sedikit pemicu, ia bisa marah. Namun, ketika penyebab kemarahannya itu telah hilang, marahnya pun mereda dan ia tidak menyimpan dendam.

Kemudahan memaafkan ini menjadikan hubungannya dengan suami tidak terlalu terganggu. Namun karena ia suka marah bisa jadi suami yang masih terganggu dengan sikapnya itu. Karena itu ia perlu memperbaiki diri agar tidak mudah marah.

google image

3. Sulit marah sulit memaafkan

Tipe ini tidak mudah tersinggung, tetapi sekali ia tersinggung, ia akan mengingat-ingatnya. Hatinya terluka dan sulit sekali melupakan apalagi memaafkannya. Ketika bercanda dengan orang tipe ini, ia tidak mudah sakit hati. Tidak mudah marah. Namun sekali ia sakit hati atau marah, ia sulit keluar dari kondisi itu.

Tidak sedikit rumah tangga yang retak gara-gara sifat seperti ini. Terlihat baik-baik saja, harmonis, tidak pernah marahan, tetapi begitu terjadi perselisihan yang membuat istri tersinggung, hal-hal fatal bisa terjadi karena ia tidak mau memaafkan suaminya. Istri tipe ini perlu berlatih mengelola hati agar mudah memaafkan.

4. Sulit marah mudah memaafkan

Inilah tipe istri terbaik. Istri penyabar. Dia tidak mudah marah, dia tidak mudah tersinggung. Ketika ada suami salah ucap, dia menyadari bahwa suaminya tidak bermaksud begitu. Jika suaminya melakukan sesuatu yang tidak disukainya, ia mencari alasan untuk husnudhan sebelum berdialog dengan suaminya. Ketika anak-anak rewel, ia mencari cara menenangkan mereka. Tidak justru marah-marah yang justru menimbulkan masalah baru.

Kalaupun suatu saat ia benar-benar tersinggung atau marah, ia tidak menyimpannya dalam waktu yang lama. Ia segera memaafkannya. Apalagi jika orang itu adalah suaminya, yang sudah seharusnya ia berbakti kepadanya dan melayaninya.

Semoga bermanfaat yaa.. 🙂
Sumber: muslimahcorner.com

Ayo Bagikan:

Comments

comments

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *