Press "Enter" to skip to content

Anak Kita Tidak Butuh Ibu yang Super, yang Bisa Semuanya. Anak Kita BUTUH KITA, Ibunya Ada Disampingnya.

Ayo Bagikan:

Mereka Tidak Butuh yang Super

Kadang, atau bahkan seringnya, kita sebagai ibu selalu merasa ‘harus jadi super’. Semua pekerjaan rumah harus selesai. Masakan harus enak. Cucian harus bersih, rapi, dan wangi. Badan harus tetap langsing dan cantik. Harus selalu kuat dan sehat. Hatinya harus selalu bagus dan positif. Dan ‘harus-harus’ yang lainnya.

Gegara sibuk dengan yang ‘harus-harus’, kita me-LUPA-kan sesuatu yang menjadi tanggung jawab kita: mengasuh anak dengan bahagia.

Sering kan, kita menyisihkan anak kita ketika kita sedang masak misalnya. Atau ketika sedang lempit-lempit baju, anak merengek minta bermain, kita sering bilang “nanti ya, kamu main sendiri dulu”.

Duh, jadi sedih.

Padahal, yang dibutuhkan anak adalah kehadiran kita, ibunya, disampingnya. Mau rumah berantakan, cucian menggunung, mainan bertebaran, asalkan ada ibu yang gembira bermain bersamanya, anak akan bahagia.

Ya, pandanglah mata berbinar anak ketika kita meng-iyakan untuk bermain bersama. Atau perhatikan mata redup dan muka menunduk yang ditampilkan oleh anak ketika menyuruhnya bermain sendiri dan tidak mengganggu pekerjaan kita.

Buibu,
Anak kita tidak butuh ibu yang super. Yang bisa semuanya. Yang selalu kuat.
Anak kita BUTUH KITA, ada di sampingnya. Bermain bersama, bahagia bersama.

Mari sejenak, lupakan semua pekerjaan yang kalau dihitung2, 24 jam itu tidak cukup. Lupakan sejenak.
Ajak anak bemain. Pesawat-pesawatan, atau masak-masakan. Pandang binar matanya. Bahagiakan ia.

Lalu, setelah ia terlelap, bersiaplah singsingkan lengan baju!

Semangat, buibuu!

Bunda yang masih dan terus harus belajar
Sholihah Naily S

google image

Menjadi Ibu Memang Melelahkan, Agar Tetap Bahagia Lakukan 6 Tips Ini..

Dear Ayah Bunda,

Mengemban tanggung jawab sebagai orang tua yang harus mengasuh anak sepanjang waktu kadang bisa menimbulkan rasa stress tersendiri. Lebih-lebih jika si kecil sudah masuk usia sekolah TK dan Anda memutuskan untuk mengasuhnya Anda secara mandiri tanpa menggunakan jasa baby sitter.

Segala hal yang menjadi kebutuhan sekolah si kecil termasuk menyiapkan kebutuhan sekolah seperti buku, tempat pensil dan sebagainya, menyiapkan seragam sampai menyiapkan bekal makan siang harus Anda tangani sendiri. Dan, semua kerepotan ini belum termasuk jika Anda harus membujuk si kecil yang rewel tidak ingin pergi ke sekolah.

Ketika menghadapi kondisi yang super sibuk seperti ini, wajar ketika pada satu titik kita merasa stress karena kelelahan. Tapi, Bunda tidak perlu berlama-lama tenggelam dalam stress, sebab tips berikut akan membuat Anda tetap bahagia dalam mengasuh si kecil walau tubuh kelelahan.

https://www.instagram.com/nuramirah11/

1. Menyusun rencana apa yang akan Anda lakukan hari ini, besok dan seterusnya bersama si kecil akan membuat tugas mengasuh Anda menjadi lebih ringan dan tentunya bisa membuat Anda jauh dari stress karena kebingungan menyiasati aktivitas untuk si kecil.

So, jika Anda memiliki sedikit waktu luang di sela-sela kegiatan mengasuh si kecil, Anda bisa menyiapkan rencana awal apa yang akan Anda lakukan bersama si kecil untuk besok dan seterusnya.

2. Siapkan “Me Time”
Terlalu sibuk mengasuh dan mengurusi segala kebutuhan si kecil kadang membuat kita lupa tentang kebutuhan kita sendiri. Jangan, ya! Meskipun kita sibuk merawat dan mengasuh si kecil, kita juga harus tetap menyediakan waktu untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri agar kegiatan mengasuh anak ini tidak menjadi terlalu stressful untuk kita.

3. Sediakanlah setidaknya satu jam dalam sehari untuk menikmati waktu-waktu santai untuk diri sendiri. Anda bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang Anda sukai, misal menyulam, membaca buku, bahkan shopping!

4. Ajak Suami Terlibat dengan Tugas Mengasuh Si Kecil
Jika suami bekerja di luar rumah sepanjang weekdays, mintalah bantuan suami untuk berbagi tugas mengasuh si kecil saat weekends. Seperti dilansir dalam laman www.wikihow.com, dengan membagi tugas mengasuh dengan suami, rasa lelah Anda bisa berkurang separuhnya.

Anda juga bisa meminta suami untuk berlibur sambil mengasuh si kecil bersama-sama. Pasti menyenangkan!

https://www.instagram.com/nuramirah11/

5. Tidur Cukup
Jika kesibukan mengasuh si kecil tidak memungkinkan Anda untuk mendapatkan tidur 8 jam sehari, setidaknya biarkanlah tubuh Anda mendapatkan tidur yang cukup. Sebab, tidur yang cukup akan membuat tubuh Anda menjadi lebih fresh dan Anda bisa lebih berenergi saat menemani si kecil bermain.

Untuk melakukannya, Anda perlu menyusun jadwal tidur untuk si kecil dan Anda sendiri. Dan, usahakanlah untuk disiplin dengan jadwal yang sudah Anda susun sendiri.

6. Play Date
Mengasuh anak akan sangat melelahkan jika dilakukan sendirian sepanjang waktu. Oleh sebab itu, cobalah untuk mengajak saudara atau teman Anda yang sama-sama memiliki anak untuk melakukan play-dates.

Sementara si kecil bersenang-senang menikmati waktu bermain dengan saudara atau teman-teman barunya, Anda juga bisa menikmati waktu Anda dengan sharing dan berbagi tips dengan saudara dan teman Anda. Dijamin, stress pasti hilang!

Semoga bermanfaat yaa.. 🙂
Please Like dan Share
Sumber : Vemale

Pengen dapat tulisan seputar pengasuhan anak langsung ke WA Bunda? Yuk, Join grup WA Aku Cinta Anakku. Klik aja disini ya: http://bit.ly/GrupACA

Ayo Bagikan:

Comments

comments

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *