Press "Enter" to skip to content

Akhirnya Aku Tahu Alasan Mengapa Wajah Suami Istri Makin Lama Makin Mirip. Bener Banget Deh Ini..

Ayo Bagikan:

Sahabat Ummi, pernah memperhatikan wajah suami istri yang sudah menikah bertahun-tahun? Ada pasutri yang makin lama kelihatan mirip, meskipun kulitnya yang satu gelap yang satu cerah, bentuk mukanya yang satu lonjong yang satu bulat… tapi kok air mukanya mirip ya?

Setidaknya inilah 4 alasannya:

1. Banyak menghabiskan waktu bersama

Dilansir dari newheathadvisor(dot)com, menurut sejumlah penelitian psikologis, semakin sering pasangan menghabiskan waktu bersama-sama, semakin mirip mereka satu sama lain. Hal ini karena kebiasaan mereka saling menyatu dan mempengaruhi satu sama lain.

Pada 2006, dalam sebuah studi Ilmuwan di Universitas Liverpool meminta sukarelawan untuk memandangi potret laki-laki dan perempuan lalu menilai kepribadian orang di foto tersebut. Para peserta tidak tahu sosok mana pasangan hidup di foto-foto itu, tapi pasangan yang paling lama hidup bersama paling banyak dinilai punya kepribadian serupa. Hal ini dinilai ada korelasinya dengan kemiripan wajah.

Jadi, kalau yang sudah nikah lama tapi wajahnya nggak mirip… barangkali karena tidak banyak menghabiskan waktu bersama?

2. Emosi bisa mengubah karakter wajah

Psikolog sosial, Robert Zajonc mencetuskan soal konsep social facilitation pada tahun 1965. Konsep itulah yang jadi jawaban kenapa banyak suami istri yang wajahnya bisa mirip satu sama lain.

Otot-otot tubuh bisa berkembang atau berubah sesuai dengan kegunaannya. Sebagai contoh, pasangan yang sering tertawa bersama akan memiliki pola kerutan yang sama di wajahnya. Kalau sama-sama suka mengobrol, maka struktur pipinya akan ikut berubah. 

 3. Meniru kebiasaan dan kesukaan pasangannya

Hal ini dibuktikan dengan foto pasangan suami istri yang sudah 25 tahun menikah dan mereka terlihat sangat mirip. Para psikologi dari Yale University juga mengungkapkan jika pasangan suami istri akan saling meniru kebiasaan pasangannya tanpa sengaja dan menyukai apa yang pasangannya sukai.

4. Dari awal memang tertarik dengan yang wajahnya mirip

Banyak yang tidak sadar, ketika mencari pasangan sebenarnya ia sedang mencari seseorang yang punya banyak persamaan dengan dirinya sendiri, termasuk selera berbusana dan juga tampilan. Ada juga perempuan yang mencari pasangan yang mirip dengan ayahnya, mau nggak mau… sedikit banyaknya juga mirip dengan dirinya sendiri dong ya?

Bagaimana Sahabat Ummi, setuju dengan 4 alasan tadi? Atau masih ada alasan lainnya?

:: Sebagai Seorang Ayah dan Suami, Anda Harus Melakukan Hal Ini Saat Istri Sakit..

Dear Ayah Bunda,

Jika suami sedang membutuhkan bantuan, istri berperan untuk membantunya. Sebaliknya, jika istri membutuhkan bantuan, suami pun harus mau mengambil andil dalam membantu sang istri. Salah satunya dengan mengambil alih tugas istri ketika ia sedang sakit.

Apa saja yang harus dilakukan suami dan bagaimana melaluinya, simak tips di bawah ini.

1.Jadilah perawat bagi istri

Sungguh menyedihkan melihat wanita yang kita cintai terbaring sakit, bukan? Tentu dalam keadaan sakit, seseorang akan merasa lemas dan tidak dapat merawat dirinya sendiri.

Sebagai suami, Ayah dapat menjadi ‘perawat sementara’ yang mengurus keperluan istri dan membantunya melewati penyakitnya seperti mengingatkan dan memberinya makan, minum, obat dan sebagainya. Dengan merawat istri saat lemah, ia akan merasakan besarnya perhatian dan cinta Ayah terhadapnya.

2. Mengurus rumah

Dalam keadaan sakit, tentu Bunda tidak dapat mengerjakan pekerjaan rumah. Bantulah dengan mengambil alih tugasnya ini. Ayah dapat melakukan hal yang mudah seperti membersihkan rumah, menyapu, mengepel, mencuci dan menyiapkan kebutuhan anak. Jika Ayah seorang pekerja kantoran sekalipun, bangunlah lebih awal untuk mengurus rumah sebelum berangkat ke kantor.

3. Mengasuh anak

Jika biasanya anak diurus ibunya, kali ini Ayah harus mengambil peran tersebut. Lakukanlah dengan cara yang menyenangkan -dan sesuai bagi Ayah- tapi jangan rusak jadwal kebiasaan anak yang sudah diatur oleh Bunda sebelumnya seperti tidur siang dan jadwal makan serta bermain. Manfaatkan juga momen ini untuk menambah waktu berkualitas dan mendekatkan diri kepada Si Kecil.

4. Menyiapkan makanan bagi keluarga

Makanan kebutuhan terpenting keluarga yang biasa disiapkan oleh para istri. Saat istri sedang sakit, Ayah dapat mengambil alih tugas ini. lakukan masakan sederhana yang Ayah mampu. Intip resep-resep masakan sederhana yang banyak terdapat di internet. Atau, jika Ayah merasa tidak berbakat dalam hal memasak, selalu ada cara lain dengan mengambil telepon genggam dan pesan makanan di restoran favorit keluarga.

5. Bersemangat

Meskipun istri sakit, jangan pernah menunjukkan rasa sedih -dan lelah- Ayah. Tetaplah bersemangat sehingga perasaan tersebut dapat membantu Bunda lebih semangat dan positif menjalani sakitnya. Ketika Bunda dapat berpikir positif, hal ini dapat mempercepat proses penyembuhannya.

Mengantikan tugas dan tanggung jawab pasangan hidup kita adalah sebuah tugas mulia yang didedikasikan oleh rasa cinta. Jangan pernah malu atau gensi melakukan tugas wanita. Toh yang Ayah bahagiakan adalah keluarga dan Bunda sendiri. Justru, berbanggalah dengan apa yang bisa Ayah lakukan untuk mengurangi beban khawatir Bunda yang sedang sakit.

Manfaatkan juga momen ini untuk merasakan beban menjadi istri sehari-harinya. Bagaimana menurut Ayah?

Sumber: keluarga.com

Semoga bermanfaat yaa.. 🙂

 

sumber: vemale, tribunnews

Ayo Bagikan:

Comments

comments

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *