Press "Enter" to skip to content

20 Hal Sepele, yang Sering Diabaikan Orang Tua, Tapi Dampaknya Besar Untuk Anak

Ayo Bagikan:

20 Hal-hal Kecil ini Sepele, Tapi Sebenarnya Memberikan Dampak yang Luar Biasa Jika Dilakukan untuk Anak

Dear Bunda,

Ternyata 20 hal-hal kecil ini tampak sepele namun memberikan dampak yang luar biasa jika dilakukan buat anak lho Bund…

1. Minta mereka membuat kalung makroni, manik-manik, atau kancing. Lalu, pakailah di depannya. Perasaan dihargai akan jerih payah akan membuat mereka bahagia. Dan perasaan ini jika terus dijaga akan membuat mereka mampu menghargai jerih payah orang lain. 2. Berjalan-jalan berdua saja dengan masing-masing anak untuk melakukan hal yang menyenangkan. Biasanya anak memiliki keinginan untuk menghabiskan waktu istimewa dan menceritakan apa saja.

3. Menyelipkan catatan (dan sesekali sepotong cokelat) ke dalam tempat pensilnyanya. Kejutan ini akan menjadi semangat yang menceriakan hari-harinya tanpa Anda di sisinya.

4. Mengatakan “ya” untuk sesuatu yang biasanya terlarang, seperti duduk di meja. Sesekali saja. Untuk sesuatu yang tidak berbahaya, ini juga bisa menjadi imbalan atas usaha atau kebaikan yang mereka lakukan.

5. Tunjukan wajah bahagia dan antusias ketika bermain di taman hiburan. Mereka ingin berlibur bersama orang tua yang menyenangkan, bukan monster.

6. Tenanglah ketika melihat kamarnya seperti kapal pecah hingga saat main selesai. Tutup pintu dan lanjutkan pekerjaan Anda. Ingat ini: kamar berantakan yang Anda lihat akan Anda rindukan nanti.

7. Biarkan mereka sesekali mencipratkan genangan air di sepanjang jalan dan cobalah lakukan tanpa alas kaki. Keceriaan ini memang normalnya dilakukan oleh anak-anak.

8. Buatlah bersama kartu ucapan terima kasih untuk teman-teman satu komplek. Anak-anak yang dibesarkan untuk menghargai orang lain, tumbuh menjadi manusia pengasih.

9. Adopsilah satu hewan perliharaan. Jangan membelinya. Hewan yang diadopsi biasanya memerlukan ketelatenan untuk menjadikannya hewan lucu seperti yang ditemukan di toko hewan. Tentunya, hal ini akan menumbuhkan sikap positif dalam diri anak.

10. Berikan kesempatan anak untuk menyelesaikan konflik dengan temannya selama situasi aman. Anak-anak perlu memiliki kesempatan mengembangkan kemampuan memecahkan masalah.

11. Tundalah pertanyaan jika anak Anda pulang dari sekolah marah-marah dan lelah. Kondisi lelah hanya akan menjadi membuat anak Anda menjadi orang lain.

12. Buatlah jadwal keluarga yang bersifat rutin, seperti mencari daun, memetik stroberi, dan ke kebun binatang. Kegiatan istimewa ini akan menjadi ciri khas yang akan dengan bangganya ia ceritakan kepada semua orang.

13. Mintalah anak Anda untuk mengingatkan jika Anda melakukan kesalahan. Ia perlu belajar bahwa semua orang pernah melakukan kesalahan dan hal ini akan menjadikannya seorang pemaaf.

14. Biarkan putri Anda mengenakan pakaian ‘princess’-nya atau putra anda menggunakan pakaian ‘pahlawan super’-nya. Mengenali kesukaannya akan membuatnya merasa istimewa.

15. Katakan hal yang indah tentang dirinya. Buat dirinya layak untuk tumbuh, diakui, dan merasa bahagia menjadi diri sendiri.

16. Luangkan waktu untuk menikmati bulan purnama di luar rumah. Jadikan ia terpesona dengan ciptaan Tuhan yang hanya bisa dinikmati di malam hari bersama orang terkasihnya: Anda.

17. Buat roti berbentuk hati untuk sarapan. Sederhana, tapi ia tahu Anda melakukan itu hanya untuknya.

18. Gantung papan tulis di kamarnya untuk meninggalkan pesan satu sama lain. Terkadang makna lebih bisa disampaikan lewat tulisan.

19. Memulai perang bantal atau tabur daun kering. Biarkan anak melihat jiwa anak-anak Anda yang menyenangkan.

20. Biarkan anak Anda ketika ingin melakukan hal sendiri, seperti membuat susu sendiri atau membersihkan meja. Kepercayaan diri dan kemandirian hanya bisa tumbuh jika diberi kesempatan….

Ayo Bagikan:

Comments

comments

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *